Menyebut Allah Ketika Mengenakan Pakaian

Imam Muslim (w. 261 H) meriwayatkan sebuah hadis di dalam kitab shahihnya dari Sayyidah Aisyah R.A. (w. 57 H) berkata:

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَذْكُرُ اللهَ عَلَى كُلِّ أَحْيَانِه

Nabi SAW selalu menyebut Allah dalam setiap keadaan (H.R. Muslim)

Sungguh hadis di atas adalah teladan yang patut kita contoh; bagaimana beliau selalu menyebut Allah dalam setiap keadaan. Rasulullah Saw. mengajarkan kepada kita untuk selalu menyebut Allah dalam setiap keadaan melalui perantara doa-doa. Salah satu doa yang Rasulullah Saw. ajarkan adalah doa ketika berpakaian. Diriwayatkan dari Muadz bin Anas RA bahwa Rasulullah Saw bersabda:

مَنْ لَبِسَ ثَوْبًا فَقَالَ: الْحَمْدُ لِلّهِ الّذِيْ كَسَانِيْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّيْ وَلَا قُوَّةٍ، غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَا تَأَخَّرَ

Siapa yang mengenakan pakaian kemudian berkata: segala puji bagi Allah yang telah memakaikanku (pakaian) ini dan merezkikannya kepadaku tanpa daya dan kekutan dariku, maka ia akan diampuni dosanya yang lalu dan yang akan datang (H.R. Abu Dawud)

Mari perhatikan bagaimana Rasulullah Saw. mengajarkan doa berpakaian agar kita selalu menyebut Allah dan bersyukur kepada-Nya atas pakaian yang kita tidak kuasa sama sekali untuk memperolehnya kalau bukan Allah yang memberinya. Itulah kenapa pada bagian doa terdapat kalimat مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّيْ وَلَا قُوَّةٍ (tanpa daya dan kekuatan dariku) agar kita sadar bahwa pakaian yang kita kenakan sejatinya adalah pemberian dari Allah dan kita wajib mensyukurinya. Allah berfirman:

يَا بَنِيْ آدَمَ قَدْ أَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَارِيْ سَوْآتِكُمْ وَرِيْشًا وَلِبَاسُ التَّقْوَى ذلِكَ خَيْرٌ ذَلِكَ مِنْ آَيَاتِ اللهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُوْنَ

Wahai anak cucu Adam sesungguhnya Kami telah menyediakan pakaian untuk menutupi auratmu dan untuk perhiasan bagimu. Tetapi pakaian takwa,itulah yang paling baik. Demikianlah sebagain tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka ingat.

Jadi, sudahkah kita menyebut Allah ketika mengenakan pakain dengan bersyukur kepada-Nya?  Semoga Allah senantiasa menolong kita untuk selalu menyebut-Nya dalam setiap situasi dan kondisi.

Kuy Bagikan!