Penyebab Doa Tidak Dikabulkan


وقال ربكم ادعوني أستجب لكم
Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan doamu
Sebagai manusia tentunya kita memliki hajat dan keinginan yang banyak. Selain berusaha dan bekerja, kita sebagai orang beriman juga berdoa, berdoa meminta kepada Tuhan Sang Maha Pencipta dan Maha Mengabulkan doa. Namun terkadang doa-doa kita ada yang tidak langsung dikabulkan, atau bahkan tidak dikabulkan. Lalu apa saja sih sebenarnya penyebab doa-doa kita tidak dikabulkan?
Assyaikh Fauzi Muhammad Abuzaid, dalam kitabnya yang berjudul Mafatih Alfaroj. Di dalam bab adabul du’a, beliau menjelaskan beberapa penyebab doa tidak dikabulkan. Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan doa kita tidak dikabulkan:
عرفتم الله فلم تؤدوا حقه
Kalian mengenal dan mengetahui Allah, namun kalian tidak memenuhi hak-Nya.
Banyak dari kita yang beriman, percaya kepada Allah, dan meyakini bahwa Allah itu ada dan Allah itu Tuhan kita yang wajib kita sembah dan taat kepadaNya. Sholat dan puasa contohnya, kita wajib melaksanakan sholat dan puasa. Namun terkadang kita lalai, sholat sering mengulur-ulur waktu, telat mengerjakannya atau bahkan tidak sholat. Puasa Ramadhan banyak yang tidak dilaksanakan, dengan alasan-alasan yang sepele atau alasan-alasan yang dibuat-buat. Jika masih seperti itu, tandanya kita belum memenuhi hak-hak Allah, kalau sudah seperti itu bagaimana doa-doa kita mau dikabulkan?
قرأتم القرأن فلم تعلموا به
Kalian baca Alquran, namun tidak mengamalkannya.
Zaman sekarang banyak yang membaca atau bahkan hafal Alquran 30 juz, namun jarang sekali yang mengamalkannya. Membaca dan menghafal Alquran memang termasuk ibadah dan berpahala, namun sejatinya Alquran diturunkan ke bumi untuk pedoman hidup. Perlu diingat, selain membaca dan menghafalkan, memahami makna dan mengamalkan isi kandungannya juga penting. Jadi jangan Cuma sebatas membaca dan menghafal Alquran tanpa mengaji tafsirnya dan mengamalkannya, karena akibatnya akan berbahaya sebagai mana pada zaman ini banyak sekali orang-orang yang sok ngerti Alquran padahal tidak pernah mengaji tafsir sebelumnya.
قلتم نحب الرسول وتركتم سنته
Kalian mengaku mencintai Rosul, tapi tidak mengamalkan sunnahnya.
Mengaku cinta Rosul, bergaya hobi sholawat, tetapi perilakunya dan akhlaknya masih buruk, apa kata dunia? Perlu diingat bahwasanya Rosul diutus ke bumi, misi utamanya adalah menyempurnakan akhlak. Dan kita sebagai umatnya, harus meniru akhlak-akhlak Rosul kita. Akhlak Rosul tentunya sangat banyak, bebrapa diantaranya adalah pemaaf, penyayang, tidak berkata kasar, tidak menjelek-jelekan orang lain. Zaman sekarang ini, menjelek-jelekan orang lain sudah menjadi hobi dan kebiasaan, bahkan di majlis-majlis sholawat sendiri. Kalau sudah seperti itu, bagaimana doa-doa kita mau dikabulkan?
قلتم نلعن الإبليس وأطعتموه
Kalian mengaku membenci iblis, tapi justru tingkah-lakunya seperti iblis.
Takabur, sombong, dan merasa benar sendiri adalah beberapa contoh sifat-sifat iblis. Sedangkan zaman sekarang ini, tidak sedikit lagi orang yang sudah merasa benar sendiri, bahkan sampai berani menyalahkan yang lainnya. Hanya bermodalkan jubah, sorban, dan imamah, sudah merasa paling benar, merasa paling alim. Sedangkan penampilan dan pakaian pada hakikatnya bukanlah sebuah tolak ukur kealiman seseorang.
تركتم عيوبكم وأخذتم في عيوب الناس
Kalian tutup-tutupi aib kalian sendiri, dan mengumbar aib orang lain.
Fenomena ini sedang marak terjadi di zaman ini. Orang-orang suka sekali mencari-cari aib orang lain bahkan menyebarkannya demi kepentingan-kepentingan sendiri. Sedangkan mereka sendiri lupa akan aibnya sendiri, mereka tutup-tutupi aibnya sendiri, mereka enggan untuk bermuhasabah. Kalau sudah seperti ini bagaimana doa-doa kita mau dikabulkan?
Itulah beberapa hal yang mungkin menyebabkan doa-doa kita tidak dikabulkan, selain beberapa hal di atas tadi, masih ada lagi hal-hal yang menyebabkan doa tidak dikabulkan. Seperti makan dan minum sesuatu yang haram, tempat dan kondisi yang tidak suci. Oleh karenanya alangkah baiknya, sebelum berdoa kita memerhatikan hal-hal yang sudah disebutkan tadi, serta memantapkan hati dan niat kita. la’allallahu yastajiibu du’aanaa aamiin.

Kuy Bagikan!